Kisah Handphone Hilang di Paris

Pernah tertinggal handphone di Taxi ? Saya punya cerita menarik tentang hal ini di Paris .

Hari itu Senin 17 Nov 2008,  saya naik taxi dari hotel  menuju site Global Swich di Clichy, tidak jauh dari Paris. Tidak sampai 30  Menit taxi pun sampai , lalu dengan sedikit tergesa-gesa saya membayar fee beberapa Euro.

Ketika sudah keluar dari taxi, saya pun merogoh kantong Handphone untuk menelpon rekan kerja. “Oh My God ! Hp saya ?!? Hilang !!! “padahal tadi sewaktu di taxi saya sempat  memegangnya…dan memasukan kembali ke kantong HP yang menempel pada sabuk. Setalah saya simulasikan waktu saya turun dari taxi, rupanya kantong HP yang menempel di sabuk itu posisi nya miring pas saya membungkuk keluar. dan kemungkinan sarung HP terbuka dan isi nya jatuh di taxi. Saya pun panik, coba teriak, lari sambil melambaikan tangan tapi taxi sudah jauh meluncur.

Untungnya ..  di GlobalSwich, saya dikasih tahu oleh engineernya MTN bahwa barang yang ketinggalan di taxi tersebut dapat diclaim di kantor polisi, bagian Lost and Found. “Wah Hebat ya… klo misalnya benar” Guman saya sedikit berharap.

Nah… tiga hari kemudian saya pun kemudian pergi ke kantor polisi bagian Lost and Found atau “Service des objets trouvés ” yang berlokasi di 36, rue des Morillons -Paris

Lost and Found Office - Paris

Saya mengisi formulir dan menjelaskan ciri-ciri barang saya yang hilang. HP Nokia N80 hitam!

Nggak pake ribet dan bertele-tele, saya pun ditanya apakah ciri-ciri unik HP tersebut, terus karena saya sering foto-foto sendiri alias narsis, saya pun bilang bahwa di dalemnya pasti ada foto saya dengan background menara eiffel. Petugas polisi pun segera menyerahkan 1 bungkusan plastik berisi HP dan ajaibnya… itu adalah N80 saya yang hilang beberapa hari  yang lalu !!!

Saya pun cek, isinya masih tetap utuh dan foto-foto saya masih ada semuanya. Setelah membayar biaya administrasi sebesar 10 Euro saya pun pulang ke hotel dengan puasnya. Andai… andai di negeri saya ada kantor Lost and Found seperti di Perancis, bukan hanya ada divisi lalu lintas dan Reskrim saja !

Petunjuk di Lost and Found Office - Paris

Sekedar menambahkan, ternyata Kantor Lost and Found di Paris bertugas untuk mengumpulkan barang yang ditemukan di tempat-tempat seperti : Stasiun Polisi, Taxi, Transportasi umum, metro, stasiun kereta, jalanan di Paris, hotel dll. Langkah pertama kalah barang anda hilang adalah kontak authoriti setempat, dan jika masih tidak ditemukan, maka datanglah ke :

Service des objets trouvés (Lost and found office)
36, rue des Morillons
75732 Paris Cedex 15

Jam buka : Monday to Thursday between8:30AMto5:00PM
Friday between 8:30AMand 4:30PM
Tel. : 08 21 00 25 25 (0,12 € per minute)
E-mail: servicedesobjetstrouves-paris@interieur.gouv.fr

Sebelum pulang narsis dulu di depan kantor polisi

Akhirnya saya pun pulang dengan hati senang !

Leave a comment